Berita

Komitmen Bank BPD Bali dalam Implementasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Peroleh Apresiasi Paritrana Award Tingkat Provinsi Tahun 2022

  • 09 Mei 2023
  • Dibaca : 1004 Pengunjung

Denpasar,

Bank BPD Bali bersinergi dengan arah kebijakan Pemerintah Provinsi Bali melalui slogan “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Program Prioritas Jangka Pendek Pemerintah Provinsi Bali dan 22 Misi Pembangunan Bali 2018 – 2023 yang difokuskan pada 5 Program Prioritas yang salah satunya adalah Jaminan Sosial dan Ketenagakerjaan. Komitmen Bank BPD Bali dalam kepatuhan dan keterampilan terhadap pengimplementasian Jaminan Sosial Ketenagakerjaan pada Tahun 2022 dan peranannya sebagai mitra Pemerintah Daerah mendapat apresiasi berupa anugerah Paritrana Award Tingkat Provinsi Bali Tahun 2022 sebagai Pemenang I Kategori Perusahaan Sektor Jasa Keuangan Perdagangan & Jasa yang diterima oleh Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, S.H., M.H di Ruang Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali (Selasa, 9 Mei 2023).

Paritrana Award 2022 merupakan program pemerintah yang diinisiasi oleh Kementrian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementrian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dan BPJS Ketenagakerjaan. Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi dalam perlindungan tenaga kerja bagi Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, Perusahaan Besar, Perusahaan Menengah dan Usaha Kecil Mikro.

Paritrana Award Tingkat Provinsi Bali Tahun 2022 diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Bali, Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. Penghargaan yang diterima oleh Bank BPD Bali tidak luput dari kontribusi aktifnya dalam menjalankan berbagai program dari BPJS Ketengakerjaan dari hulu ke hilir, diantaranya Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). Selain itu, Bank BPD Bali mempersyaratkan kepesertaan BPJamsostek bagi Vendor Mitra Usaha yang akan mengikuti pengadaan atau kerja sama di Bank BPD Bali. Hal ini tertuang dalam setiap Kerangka Acuan Kerja pada spesifikasi teknisnya. Sebagai bentuk reminder, Bank BPD Bali juga aktif melakukan sosialisasi update program secara berkala serta menyiapkan fasilitas pembayaran BPJS Ketenagakerjaan bagi peserta Bukan Penerima Upah (BPU). Peserta dapat terlayani melalui teller, jaringan ATM, mobile banking maupun internet banking Bank BPD Bali.

Upaya Bank BPD Bali dalam implementasi BPJS Ketenagakerjaan juga dikorelasikan dalam berbagai produk/layanan Bank, seperti Kredit Program Mesari (Membangun Masyarakat Bali) dimana penerima kredit mendapat subsidi iuran BPJS Ketenagakerjaan dan merupakan salah satu solusi yang ditawarkan Bank BPD Bali dalam rangka percepatan akses keuangan di daerah sekaligus mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) serta komitmen untuk menjalankan program GN Lingkaran yaitu Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan yang salah satunya melalui pemberian kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi Karyawan Harian, (Daily Warker), Magang dan Siswa Praktek Kerja Lapangan di Bank BPD Bali. Selain itu, terdapat jalinan kerja sama antara Bank BPD Bali dengan BPJS Ketenagakerjaan terkait Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Manfaat Layanan Tambahan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (KPR MLT BPJSTK) yang memiliki manfaat dalam mempermudah kesempatan untuk pekerja Bali memiliki rumah. Selanjutnya, Bank BPD Bali juga telah mengikuti Program SERTAKAN (Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda), dimana Bank BPD Bali memfasilitasi karyawannya untuk mengikutsertakan keluarga serta tenaga informalnya sebagai peserta BPJSTK yang gencar disosialisasikan baik melalui online ataupun offline.

Hal tersebut membuktikan manajemen Bank BPD Bali berkomitmen tinggi dan mendukung penuh program-program BP Jamsostek dan akan terus mempertahankan kinerja dan inovasi untuk ikut serta dalam mensukseskan program BP Jamsostek yang memberikan perlindungan kepada pekerja, mitra kerja, dan masyarakat. Hal ini tercermin dari kepesertaan penuh program BPJamsostek dan pelaporan upah penuh dari tingkat Top Leader (Direksi) hingga ke karyawan yang baru bergabung di Bank BPD Bali walaupun masih dalam status kontrak kerja. Bank BPD Bali juga siap menjadi mitra bisnis yang lebih aktif dengan teknologi perbankan yang up to date. Kedepannya, besar harapan Bank BPD Bali bisa menjadi Bank yang dapat menerima pembayaran BPJamsostek bagi perusahaan melalui kode iuran Elektronic Payment System (EPS).

Last Update : 2024-05-06 09:18:10

BPD Bali Highlight

Bank BPD Terima Penghargaan KPK RI - Unggul Soal Inovasi Tingkatkan Pendapatan Daerah 

Selengkapnya  

Peduli Lingkungan, Bank BPD Bali Gelar Aksi Bersih Bersih Pantai

Selengkapnya  

Menjelang HUT Ke-62, Bank BPD Bali Laksanakan Persembahyangan Bersama

Selengkapnya  


Copyright © 2021 PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. All Rights Reserved.