Pengaduan Nasabah

Tata Cara Penyampaian Pengaduan Nasabah Bank BPD Bali

Sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berlaku yaitu Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 18/POJK.07/2018, Bank BPD Bali telah menyediakan tata cara penyampaian pengaduan apabila nasabah mengalami kendala / permasalahan saat bertransaksi.

Nasabah dapat menyampaikan pengaduan dengan berbagai pilihan media, baik lisan maupun tertulis yang bertujuan untuk memudahkan nasabah dalam penyampaian pengaduan.

 

Pengaduan

Lisan

  • Menghubungi BPD Bali Call (Call Center Resmi Bank BPD Bali) 1500 844

  • Menghubungi Customer Service Kantor Bank BPD Bali

 

Tertulis

  • Mendatangi Kantor Bank BPD Bali terdekat

  • Melalui Email Bank BPD Bali

bpdbalicare@bpdbali.co.id

  • Melalui Website Bank BPD Bali

www.bpdbali.co.id

  • Bersurat resmi ke Bank BPD Bali

PT Bank Pembangunan Daerah Bali,

Jl. Raya Puputan Niti Mandala Renon,

Denpasar, 80235

  • Melalui Media Sosial Bank BPD Bali

PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH BALI

@bankbpdbali

  • Melalui Live Webchat

 

Alur Penyelesaian Pengaduan Nasabah Bank BPD Bali

  • PENYAMPAIAN PENGADUAN : 
    1. Nasabah menyampaikan pengaduan melalui media yang telah disediakan Bank
    2. Nasabah melengkapi dokumen pendukung pengaduan
  • PENERIMAAN PENGADUAN :
    1. Petugas Bank melakukan verifikasi kesesuaian data nasabah
    2. Petugas Bank melakukan wawancara singkat terkait pengaduan
    3. Nasabah mengisi dan melengkapi formulir pengaduan (untuk pengaduan tertulis), formulir pengaduan diisi dan dilengkapi oleh petugas Bank (untuk pengaduan lisan)
    4. Petugas Bank menerima pengaduan dengan mencatat pada logbook, menyampaikan nomor registrasi pengaduan dan/atau menyerahkan formulir pengaduan sebagai bukti penerimaan pengaduan
  • TINDAK LANJUT PENANGANAN PENGADUAN
    1. Petugas Bank melakukan pemeriksaan dan analisa pengaduan serta koordinasi internal maupun eksternal
    2. Petugas Bank melakukan konfirmasi dan menghubungi nasabah jika dibutuhkan dokumen pendukung lainnya
  • PENYELESAIAN PENGADUAN
    1. Petugas Bank menghubungi nasabah untuk menyampaikan tanggapan berupa tindak lanjut hasil penyelesaian pengaduan
    2. jika nasabah sepakat dengan tanggapan penyelesaian Bank maka pengaduan dinyatakan SELESAI
    3. jika nasabah tidak sepakat dengan tanggapan penyelesaian Bank, maka nasabah dapat menyampaikan :
    • Penyelesaian sengketa diluar pengadilan dilakukan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS) yang ditetapkan oleh OJK, yaitu LAPS SJK
      1. Website : https://lapssjk.id/
      2. Alamat  : Gedung Menara Karya lt. 25 Unit G-H Jl. HR. Rasuna Said Blok X-5 Kav 1-2 Jakarta 12950
      3. Telepon : 021-2527700
      4. Email : info@lapssjk.id
    • Nasabah dapat menyampaikan pengaduan ke Bank Indonesia
      • Secara Langsung :
      1. Mendatangi Kantor Pusat Bank Indonesia (Visitor Center BI Bicara)
      2. Mendatangi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri
      • Secara Tidak Langsung
      1. Call Center BI Bicara dengan nomor telepon 131
      2. Email yang disampaikan melalui bicara@bi.go.id
      3. Surat yang disampaikan kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri yang terdekat dengan domisili/tempat tinggal Konsumen dan/atau Perwakilan Konsumen
      4. Formulir pengaduan daring (online) di laman resmi (website) Bank Indonesia melalui www.bi.go.id
    • Nasabah dapat menyampaikan pengaduan ke OJK melalui :
    1. Surat Tertulis :  Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Menara Radius Prawiro, Lantai 2 Komplek Perkantoran Bank Indonesia Jl. MH. Thamrin No. 2 Jakarta Pusat 10350
    2. Telepon : 157, Jam Operasional : Senin - Jumat, Jam 08.00 - 17.00 WIB (Kecuali Hari Libur)
    3. Email : Permintaan informasi dan pengaduan dapat disampaikan melalui email dengan alamat : konsumen@ojk.go.id
    4. Form Pengaduan Online Konsumen atau masyarakat dapat mengirimkan pengaduan melalui form elektronik yang tersedia pada alamat: 

https://kontak157.ojk.go.id/appkpublicportal/Pengaduan

BPD Bali Highlight

Peduli Lingkungan, Bank BPD Bali Gelar Aksi Bersih Bersih Pantai

Selengkapnya  

Menjelang HUT Ke-62, Bank BPD Bali Laksanakan Persembahyangan Bersama

Selengkapnya  

Digelar Donor Darah Serangkaian HUT Bank BPD Bali ke-62

Selengkapnya  


Copyright © 2021 PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. All Rights Reserved.