Berita

TINGKATKAN STANDAR KEAMANAN SISTEM INFORMASI, BANK BPD BALI TERIMA SERTIFIKAT ISO/IEC 27001:2013

  • 10 Maret 2023
  • Dibaca : 928 Pengunjung

Denpasar – 10 Maret 2023

Pasca pandemi Covid-19, proses layanan dan transaksi perbankan dilaksanakan secara virtual dan serba digital. Menyikapi hal tersebut, Bank BPD Bali tidak hanya berupaya untuk menyeimbangi dengan mengembangkan inovasi produk dan layanan digital melainkan juga berupaya meningkatkan pengelolaan keamanan informasi di seluruh tahapan proses transaksi dan operasional layanan perbankan. Adapun langkah yang diambil oleh Bank BPD Bali adalah penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada Infrastruktur Data Center yang aman, berintegritas dan selalu tersedia sesuai dengan prinsip Confidentiality, Integrity dan Availability (CIA) yang didasarkan pada standar ISO/IEC 27001:2013.

Setelah berhasil melalui beberapa tahapan audit dengan PT TUV Rheinland Indonesia yang merupakan anak perusahaan TÜV Rheinland AG, perusahaan terkemuka berskala global dibidang Testing, Inspection, Certification, Consultation and Training yang berdiri tahun 1872 dan berpusat di Cologne, Jerman, sebagai lembaga sertifikasi yang melakukan kegiatan review dan reporting serta audit yang telah dilaksanakan mulai dari Desember 2022 sampai dengan Februari 2023, Bank BPD Bali berhasil meraih kelulusan terkait Audit Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013. Berdasarkan hal tersebut, Bank BPD Bali berhak atas penggunaan logo sertifikasi dengan TUV Rheinland untuk produk dan layanan tertentu dan dilindungi oleh Dirjen Kekayaan Intelektual RI. Adapun penggunaan logo sertifikasi tersebut dapat digunakan dalam hubungannya langsung dengan nama atau logo perusahaan dari organisasi milik Bank BPD Bali dan sekaligus dapat dijadikan upaya meningkatkan Corporate Branding perusahaan. Selain itu, dengan sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 maka Bank BPD Bali telah memenuhi ketentuan dari Dukcapil terkait akses data kependudukan.  

Serah terima sertifikat ISO/IEC 27001:2013 dilaksanakan di gedung Aula Bank BPD Bali yang dihadiri oleh Direktur Utama, I Nyoman Sudharma S.H., M.H , Direktur Operasional, I.B.G. Setia Yasa,S.kom.,MM dan Direktur Utama PT TUV Rheinland Indonesia, I Nyoman Susila. Diharapkan dengan diterimanya sertifikat ISO/IEC 27001:2013 ini, keamanan pengelolaan sistem teknologi informasi yang dikelola oleh Bank BPD Bali dapat terjaga dengan baik. Selain itu, kegiatan ini sebagai bentuk kepatuhan terhadap PBI (Peraturan Bank Indonesia) nomor 23/06/2021 tentang penyedia Jasa Pembayaran pasal 71 yaitu pemenuhan kewajiban manajemen risiko dan standar keamanan sistem informasi, dimana salah satunya adalah terkait standar keamanan sistem informasi aktivitas Sistem Pembayaran.

Dengan adanya sertifikasi ini diharapkan kesiapan Bank BPD Bali untuk terus berinovasi dan meningkatkan layanan digital termasuk mempersiapkan SDM yang memiliki kapasitas digital sesuai dengan perkembangan dan persaingan bisnis Bank ke depan.

Last Update : 2024-03-29 18:09:44

BPD Bali Highlight

Menjelang HUT Ke-62, Bank BPD Bali Laksanakan Persembahyangan Bersama

Selengkapnya  

Digelar Donor Darah Serangkaian HUT Bank BPD Bali ke-62

Selengkapnya  

Bank BPD Bali Buka Layanan Pembayaran Retribusi Wisatawan Asing di Bandara Ngurah Rai

Selengkapnya  


Copyright © 2021 PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. All Rights Reserved.