Berita

PERTAHANKAN EKSISTENSI KAIN TENUN ENDEK BALI, BANK BPD BALI ADAKAN FASHION SHOW

  • 21 Mei 2022
  • Dibaca : 1267 Pengunjung

Denpasar,

Fashion show kain tradisional tenun endek yang diikuti oleh SMA/SMK/SLB Se-Bali dan perwakilan cabang Bank BPD Bali menjadi salah satu kegiatan dalam rangkaian HUT Bank BPD Bali ke-60. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya (Art Center) pada Sabtu (21/05/2022).

Kegiatan Fashion Show kain tenun endek dilaksanakan dengan tujuan turut menyukseskan program pemerintah dalam melestarikan dan mempertahankan eksistensi kain tenun endek Bali yang menjadi salah satu warisan budaya daerah. Disisi lain, kegiatan fashion show yang diikuti oleh SMA/SMK/SLB Se-Bali dan perwakilan Cabang Bank BPD Bali ini secara tidak langsung menghidupkan kembali lingkaran perekonomian bagi pengrajin dan meningkatkan kembali gairah seni Bali, khususnya bagi pengrajin kain tradisional tenun endek yang kreativitasnya sempat vakum akibat pandemi Covid-19.

Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, S.H., M.H menekankan lomba fashion show kain tradisional tenun endek merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk mendukung UMKM endek di Bali. Apalagi kini penggunaan kain tenun endek Bali sudah diatur dalam surat edaran Gubernur No. 04 tahun 2021. Selain itu, dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi mereka yang menekuni pembuatan kain tenun tradisional Bali berupa endek. Jangan sampai warisan adiluhung yang sedari dulu dipertahankan para leluhur, lenyap di masa kini. Dihimbau juga agar pecinta endek bali membeli kain tenun endek yang berasal dari UMKM endek Bali bukan dari luar.

Ketua Harian Dekranasda Provinsi Bali, Wayan Jarta membacakan sambutan ketua Dekranasda Bali, Nyonya Putri Suastini Koster yang mengatakan tentang kualitas tenun endek Bali sudah diakui secara nasional. Dengan mengenakan kain tenun khas Bali berarti telah ikut serta membantu UMKM di Bali. Dalam sambutannya, tidak lupa diucapkan rasa terimakasihnya kepada Bank BPD Bali yang senantiasa mendukung mempertahankan keberadaan kain tenun endek agar tetap digemari, dalam hal ini khususnya di lingkungan bekerja.

Para peserta lomba fashion show tingkat SMA/SMK/SLB se-Bali menunjukan kebolehannya secara berpasangan mengenakan busana endek casual yang dilanjutkan dengan penampilan para karyawan karyawati Bank BPD Bali mengenakan busana kerja endek Bali. Pada lomba ini terdapat 3 juri penilai yakni, Pande Putu Wijana, Drs Anom Mayun Katranaya dan Cok Istri Raka.

Lomba fashion show tingkat SMA/SMK/SLB se-Bali dimenangkan oleh SMA Negeri 1 Singaraja sebagai juara pertama, juara kedua diraih oleh SMA Negeri 1 Tabanan dan juara tiga adalah SMA Negeri 2 Semarapura. Adapun juara harapan satu diraih oleh SMA Negeri 1 Denpasar, juara harapan dua SLBN 1 Badung dan harapan tiga diraih oleh SLBN 2 Denpasar. Sedangkan, lomba fashion show untuk busana kerja kain tenun endek yang diikuti oleh perwakilan kantor cabang Bank BPD Bali dimenangkan oleh Cabang Gianyar sebagai juara pertama, juara kedua adalah Cabang Seririt dan juara ketiga adalah Cabang Karangasem. Adapun juara harapan satu adalah Cabang Badung, juara harapan dua adalah Kantor Pusat dan juara harapan tiga diraih oleh Cabang Renon.

Last Update : 2024-05-17 12:19:14

BPD Bali Highlight

Bank BPD Terima Penghargaan KPK RI - Unggul Soal Inovasi Tingkatkan Pendapatan Daerah 

Selengkapnya  

Peduli Lingkungan, Bank BPD Bali Gelar Aksi Bersih Bersih Pantai

Selengkapnya  

Menjelang HUT Ke-62, Bank BPD Bali Laksanakan Persembahyangan Bersama

Selengkapnya  


Copyright © 2021 PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. All Rights Reserved.