Berita

BANK BPD BALI BOYONG PENGHARGAAN INFOBANK TOP BUMD 2022

  • 19 Mei 2022
  • Dibaca : 1187 Pengunjung

Solo,

Kembali catatkan kinerja cemerlang, Bank BPD Bali raih penghargaan TOP BUMD 2022 dari Majalah Infobank sebagai salah satu BPD yang berpredikat “The Best” dalam rating BUMD Keuangan 2022 yang dilakukan Biro Riset Infobank (birI). Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, S.H.,M.H,, yang saat itu diwakili oleh Kepala Divisi Dana dan Jasa Bank BPD Bali, Ida Bagus Nyoman Ari Suryantara pada Kamis, 19 Mei 2022 di Hotel Alila Solo, Kota Solo.

Acara penghargaan yang mendasarkan penilaiannya pada rating BUMD Keuangan Infobank 2022 dari Biro Riset Infobank (birI) ini mencakup bank pembangunan daerah (BPD), bank perkreditan rakyat (BPR), dan bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS). Rating BUMD Keuangan yang meliputi penilaian terhadap BPD, BPR, dan BPRS milik pemda ini, menerapkan lima tahapan dalam menentukan pemenang kategori, yakni menentukan formula rating berdasarkan perkembangan industri dan kebijakan regulator, mengumpulkan data berdasarkan periode kinerja September 2020 hingga September 2021, mengolah angka-angka dengan berbagai rasio, mengelompokkan bank-bank sesuai besaran aset, dan pemberian notasi akhir untuk pemberian predikat. Pemberian notasi hanya untuk memudahkan pembaca. Karena bagi Biro Riset Infobank (birI), yang utama adalah predikat, dan bukan nomor urut.

Sepanjang tahun 2021, Bank BPD Bali mencetak laba sebelum pajak sebesar Rp549,15 miliar atau tumbuh 5,24% secara tahunan. Total asetnya juga tumbuh 10,73% secara tahunan, didukung pertumbuhan penyaluran kredit dan dana pihak ketiga (DPK), yang masing-masing sebesar 3,54% dan 8,98% secara tahunan. BPD Bali berencana akan terus mengembangkan strategi untuk memperkuat ekosistem ekonomi digital, dan meningkatkan akses digital serta partisipasi bagi market UMKM di Bali. Hal ini juga dalam rangka mendukung pemulihan pariwisata dan ekonomi.

Eko B. Supriyanto selaku Chairman Infobank Media Group menjelaskan, Infobank Top BUMD 2022 ini membuktikan kapasitas bank-bank daerah yang tidak kalah dengan lembaga bank swasta. Kapasitas yang baik sekaligus menunjukkan kualitas layanan dan operasional lembaga bank itu sendiri. “Industri BPD mampu mencatatkan kinerja yang cukup baik tahun lalu. Bahkan, pertumbuhan di beberapa pos keuangannya lebih tinggi daripada industri bank umum. Namun demikian, industri bank daerah perlu terus melakukan inovasi, agar dapat menjawab permintaan pasar yang semakin digital,” ujarnya, saat membuka sesi penghargaan Infobank Top BUMD 2022.

Di tengah tantangan bisnis industri perbankan yang semakin ketat, Bank BPD Bali tidak hanya mampu menjadi nadi ekonomi daerah melalui penyaluran kredit, yang teranyar Bank BPD Bali memaksimalkan inovasi untuk membuat layanan terbaru yang concern pada asas peduli lingkungan, salah satunya dengan membuat program pembayaran kredit kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dengan suku bunga rendah dan syarat uang muka nol persen. Program ini didasari pertimbangan bahwa penggunaan kendaraan bermotor listrik sebagai media transportasi yang nyaris tidak menghasilkan emisi karbon sehingga mampu menekan secara signifikan pencemaran udara yang dihasilkan oleh sektor transportasi yang merupakan salah satu sektor yang berkontribusi paling besar atas pencemaran udara, khususnya di Bali.

Pada acara pemberian penghargaan, turut disertai dengan webinar bertajuk “Holdingisasi BPD: Peran Pemilik dan Pengurus Dalam Memajukan dan Membuat BUMD Semakin Adaptif Pada Era Digital”, yang menghadirkan sejumlah narasumber berkompeten di bidangnya. Rangkaian acara yang terselenggara di Hotel Alila Solo berjalan dengan baik dan seluruh peserta tetap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana seharusnya.

Last Update : 2024-05-17 13:26:25

BPD Bali Highlight

Bank BPD Terima Penghargaan KPK RI - Unggul Soal Inovasi Tingkatkan Pendapatan Daerah 

Selengkapnya  

Peduli Lingkungan, Bank BPD Bali Gelar Aksi Bersih Bersih Pantai

Selengkapnya  

Menjelang HUT Ke-62, Bank BPD Bali Laksanakan Persembahyangan Bersama

Selengkapnya  


Copyright © 2021 PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. All Rights Reserved.