Berita

BPD BALI SERAHKAN BANTUAN PELINGGIH TAKSU UNTUK PARAHYANGAN AGUNG JAGATKARTTA

  • 15 Mei 2022
  • Dibaca : 1387 Pengunjung

Bogor,

Bank BPD Bali melalukan aksi sosial untuk selalu peduli terhadap upaya pelestarian Pura melalui dukungan terhadap pembangunan Pura sehingga berdampak terhadap  meningkatnya kualitas kehidupan umat Hindu yang diwujudkan melalui tanggungjawab sosial perusahaan (program CSR). Bantuan yang diberikan kali ini berupa pembangunan Pelinggih Taksu untuk Parahyangan Agung Jagatkartta, Gunung Salak, Bogor yang dirangkaikan dalam HUT Bank BPD Bali ke-60 pada Minggu (15/05/2022).

Parahyangan Agung Jagatkartta merupakan tempat suci umat Hindu terbesar di Jawa yang terletak di lereng Gunung Salak, di Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat dan menjadi tujuan umat Hindu dari seluruh Indonesia untuk melaksanakan persembahyangan. Pura Parahyangan Agung Jagatkartta sangat penting bagi eksistensi umat Hindu khususnya di Pulau Jawa, maka dari itu Bank BPD Bali sebagai Bank milik masyarakat Bali (yang sebagian besar beragama Hindu), sudah selayaknya turut berperan serta dalam pembangunan Pura Parahyangan Agung Jagatkartta.

Selain menjadi aksi sosial perusahaan, bantuan tersebut diberikan dengan mengusung konsep Tri Hita Karana, dimana salah satunya adalah menyeimbangkan hubungan antara manusia dengan Tuhan. Bantuan CSR tersebut diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, S.H., M.H yang didampingi langsung oleh Dewan Komisaris Bank BPD Bali, Ida Bagus Putu Anom Redhi, Wisnu Bawa Temaja, S.H., M.H., Drs. I Made Sukada, M.M  dan Direktur Operasional Bank BPD Bali, Ida Bagus Gede Setia Yasa, S.Kom., M.M.

Dalam kesempatan yang istimewa tersebut, Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, S.H., M.H menyampaikan bahwa kegiatan sosial seperti ini harus dilakukan secara sadar, selain itu kegiatan ini sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Nomor 04 Tahun 2022 tentang Tata Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai Nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi Dalam Bali Era Baru. Bantuan yang diserahkan ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap masalah sosial dan tempat ibadah. Disisi lain, dana keuntungan Bank BPD yang dihimpun dari masyarakat Bali ini dikembalikan kepada masyarakat Bali terutama bagi Krama Hindu dalam melaksanakan upacara keagamaan.

Melalui bantuan yang diberikan diharapkan bangunan fasilitas suci Parahayangan Agung Jagatkartta khususnya Pelinggih Bale Taksu dapat segera terwujud, sehingga diharapkan kualitas fungsional dan kesakralan Parahayangan Agung Jagatkartta dapat memancarkan vibrasi positif bagi peningkatan kualitas spiritual, rasa bhakti serta kebahagiaan lahir & bathin umat yang pedek tangkil.

Last Update : 2024-05-17 13:26:24

BPD Bali Highlight

Bank BPD Terima Penghargaan KPK RI - Unggul Soal Inovasi Tingkatkan Pendapatan Daerah 

Selengkapnya  

Peduli Lingkungan, Bank BPD Bali Gelar Aksi Bersih Bersih Pantai

Selengkapnya  

Menjelang HUT Ke-62, Bank BPD Bali Laksanakan Persembahyangan Bersama

Selengkapnya  


Copyright © 2021 PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. All Rights Reserved.