Berita

PEDULI ALAM, BANK BPD BALI TERAPKAN KEBIJAKAN TAKSONOMI HIJAU

  • 14 Mei 2022
  • Dibaca : 1412 Pengunjung

Karangasem,

Bertepatan dengan Hari Tumpek Wariga, Bank BPD Bali melaksanakan kegiatan persembahyangan bersama di Pura Sad Kahyangan Silayukti dan Pura Luhur Andakasa, Kecamatan Manggis, Karangasem, Sabtu (14/05/2022) yang dirangkaikan dalam HUT Bank BPD Bali ke-60.

Dalam rangkaian HUT Bank BPD Bali ke-60, Bank BPD Bali menegaskan komitmennya untuk menjaga alam bersama - sama dengan melaksanakan kegiatan penanaman pohon/penghijauan di sela - sela kegiatan persembahyangan bersama di Pura Sad Kahyangan Silayukti dan Pura Luhur Andakasa. Selain menanam sekitar 400 bibit pohon bunga dan buah di sekitar kawasan pura, jajaran Komisaris dan Direksi Bank BPD Bali, bersama rombongan PPATK serta Tantri (Ikatan Istri) Bank BPD Bali juga menyerahkan dana punia masing-masing Rp10 juta rupiah.

Saat itu, hadir Komisaris Utama, Ida Bagus Putu Anom Redhi, SH., MM., Komisaris Independen Ida Bagus Wibawa beserta Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, SH., MH., bersama Direktur Operasional, Ida Bagus Gede Setia Yasa, S.Kom., MM., dan Direktur Kredit, Made Lestara Widiatmika, SE., turun bersama para Kepala Divisi dan Kepala Cabang Bank BPD Bali, sekaligus memberikan Laba Wenara atau makanan kera di Pura Luhur Silayukti sebagai wujud menjaga hubungan antara manusia dengan alam dan isinya.

Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, SH., MH. menyebutkan kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2022 tentang Tata Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai Nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi Dalam Bali Era Baru. Serangkaian HUT Bank BPD Bali ke-60 juga melakukan kegiatan Wana Kerthi dengan penghijauan pohon yang berguna di sekitar pura dan masyarakat, berupa pohon bunga, dan buah-buahan, selain itu juga dikaitkan dengan Indonesia sebagai Tuan Rumah G20, sehingga sebagai Presidensi G20 juga di dalamnya ada kegiatan penghijauan. Sebagai lembaga perbankan, Bank BPD Bali juga diharapkan agar ikut serta menggenjot kegiatan green economy dan taksonomi hijau yang merupakan aktivitas ekonomi yang dapat mendukung upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim, sehingga produk dan layanan Bank BPD Bali ke depan akan berkaitan dengan alam.  “Jadi kita mendukung program pemerintah daerah dan pusat maupun global. Tujuannya agar Bumi ini bisa dijaga dan diselamatkan,” ungkapnya.

Ekonomi hijau ini adalah gagasan ekonomi yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat, sekaligus secara signifikan mengurangi risiko kerusakan lingkungan. Kegiatan ekonomi hijau mengacu pada beberapa prinsip utama, antara lain rendah emisi karbon, selaras dengan konsep pembangunan berkelanjutan, berbasis sumber daya dan energi terbarukan, hemat sumber daya alam, dan berkeadilan sosial.

Selain itu, kedepan Bank BPD Bali juga telah mengimplementasikan Surat Edaran Gubernur Bali mengenai Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai secara bertahap yang mulai dilaksanakan di tahun 2022. Untuk itu, kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah menumbuhkan kembangkan dan mengapresiasi masyarakat untuk menjaga alam dan lingkungan dengan sebaik-baiknya, agar tidak terjadi perubahan iklim.

Dalam rangkaian HUT Bank BPD Bali ke-60, selain diadakan  aksi sosial dan penghijauan lingkungan, selanjutnya akan dilaksanakan kegiatan kelestarian adat dan budaya, seperti lomba busana pakaian endek, serta kegiatan e-sports yang berkaitan dengan digital. Dalam hal ini ditekankan kegiatan terlaksana dengan bertujuan mengembangkan kegiatan digital, pelestarian alam dan mempertahankan eksistensi kreatifitas seni di Bali pada khususnya.

Last Update : 2024-05-17 14:24:30

BPD Bali Highlight

Bank BPD Terima Penghargaan KPK RI - Unggul Soal Inovasi Tingkatkan Pendapatan Daerah 

Selengkapnya  

Peduli Lingkungan, Bank BPD Bali Gelar Aksi Bersih Bersih Pantai

Selengkapnya  

Menjelang HUT Ke-62, Bank BPD Bali Laksanakan Persembahyangan Bersama

Selengkapnya  


Copyright © 2021 PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. All Rights Reserved.