Berita

Kolaborasi Bank BPD Bali dengan OJK, Jaga Ketahanan Pangan, Dukung Sektor Pertanian

  • 31 Desember 2021
  • Dibaca : 879 Pengunjung

Bank BPD Bali dan OJK Regional 8 Bali & Nusa Tenggara berkomitmen untuk terus mendukung dan memperluas akses keuangan bagi petani melalui pembentukan ekosistem pembiayaan UMKM klaster sektor pertanian. Demikian yang disampaikan Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, SH, MH saat kunjungan pada 2 (dua) klaster pertanian di Kabupaten Jembrana. Klaster gabah Subak Pangkung Buluh dengan off taker PT. Jaya Baru Lestari dan klaster kelor Kelompok Tani Moringa Sejahtera dengan off taker PT. Bali Agro Investama. 
I Nyoman Sudharma juga mengungkapkan, pada masa pandemi, ketika hampir semua sektor terdampak, sektor pertanian muncul sebagai pemenang dan tetap membukukan pertumbuhan positif di Bali. Oleh karena itu, Bank BPD Bali kian aktif berkontribusi di sektor pertanian, kontribusi pada sektor pertanian ini dikembangkan dengan adanya kepastian pembelian melalui kerjasama off taker,  pendampingan dan pelatihan dari asosiasi maupun akademisi melalui pentahelix pemberdayaan UMKM.
Peran Bank BPD Bali pada sektor pertanian terlihat dari angka ekspansi KUR di sektor pertanian yang terus meningkat, termasuk di saat pandemi. KUR sektor pertanian sampai dengan akhir November 2021 telah tersalurkan sebanyak Rp 83,4 miliar kepada 872 debitur dan share kredit UMKM Bank BPD Bali telah mencapai 44,44% dari total kreditnya. KUR dengan bunga yang murah, syaratnya mudah, dan skema pengajuan yang sederhana, merupakan salah satu produk kredit UMKM Bank BPD Bali yang didorong ke sektor pertanian, dan dengan program terbarunya yaitu Program Mesari (Membangun Masyarakat Bali), maka penerima KUR klaster Bank BPD Bali juga memperoleh subsidi iuran BPJSTK selama 12 bulan dan tambahan subsidi bunga dari Bank. Dalam kunjungan ini juga dilakukan penyerahan simbolis KUR program mesari kepada petani-petani dari Subak Pangkung Buluh Jembrana serta pertemuan dengan kelompok tani budidaya kelor.
OJK juga sangat mendukung upaya kolaboratif Bank BPD Bali pada sektor pertanian, “sektor pertanian mempunyai daya ungkit yang tinggi dalam ekosistem dari hulu ke hilir di dalam ikatan rantai nilai, baik penyerapan tenaga kerja” ungkap Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusra, Giri Tribroto dalam kunjungan tersebut. “Program Mesari Bank BPD Bali juga diharapkan dapat menjadi pembiayaan untuk melawan rentenir bagi petani, mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional” ujarnya pula.

Last Update : 2022-05-16 23:42:42

BPD Bali Highlight

BENTUK AKSI SOSIAL, BANK BPD BALI ADAKAN SAFARI KESEHATAN DI DESA BURUAN

Selengkapnya  

RANGKAIAN HUT BANK BPD BALI Ke-60, SALURKAN BANTUAN KE PANTI ASUHAN GAYATRI

Selengkapnya  

BANK BPD BALI SERAHKAN BANTUAN CSR UNTUK PURA KERTHA KAWAT

Selengkapnya  


Copyright © 2021 PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. All Rights Reserved.