Berita

Optimalkan Pembangunan Daerah, BPD Bali Siap Integrasi SIPD

  • 24 Desember 2020
  • Dibaca : 2799 Pengunjung

Denpasar - 

Simulasi SIPD (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah) Penatausahaan Keuangan Daerah serta Persiapan Menghadapi Akhir Tahun 2020 pada Rabu (24/12/2020), bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan data dan informasi pembangunan daerah. Maka itu, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali siap melakukan intergrasi SIPD dengan menggunakan media Aplikasi Programing Interface (API) yang sesuai dengan ketentuan Kemendagri. Dimana pelaksanaan SIPD dari PP 12/2019, yang wajib digunakan seluruh pemda dan akan menggantikan seluruh aplikasi existing pengelolaan keuangan daerah.

Dalam pemaparannya Direktur Operasional BPD Bali, Ida Bagus Gede Setia Yasa, S.kom., M.M., menjelaskan secara konsep bisnis BPD Bali pada dasarnya sudah menginisiasi terkait online SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) pada Tahun 2010 sampai 2013, dan di Tahun 2015 Pemprov mengintegrasikan SIPKD (Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah) secara online. “Kami di Bali untuk khususnya pengeluaran terkait dengan transaksi secaran non tunai, kita sudah full terintregasi di Tahun 2015. Artinya kita sudah lakukan elektroniksasi transaksi pengeluaran Pemda secara online dan non tunai,” tegasnya.

Tambah Setia Yasa, BPD Bali membangun dua konsep yaitu konsep pengeluaran dari sisi SP2D dan pengeluaran lainya terkait elektronikfikasi pengelolaan keuangan daerah, dan semuanya sudah menggunakan sistem digitalisasi. Bahkan BPD Bali sendiri sempat melakukan sosialisasi elektonikfikasi penerimaan di Nusa Dua beberapa waktu lalu, sudah terintregasi dalam aplikasi keuangan daerah. Hanya saja SIPD belum mengadopsi sistem penerimaan, sehingga pihaknya hanya memfokuskan sistem pengeluaran keuangan daerah saja.

“Pada dasarnya Bank BPD Bali sangat tertarik dengan fungsi SIPD dalam pengelolaan kas daerah dan penataan keuangan daerah,” tutur Setia Yasa seraya mengakui, BPD Bali akan segera menindaklajuti serta melakukan koordinasi dengan tim SIPD, untuk memastikan mekanisme integrasi SIPD dengan melibatkan ASBANDA (Asosiasi Bank Daerah). “Secara teknis BPD Bali telah mengirimkan spesifikasi API ke Kemendagri sebagai pemenuhan kewajiban untuk intregasi dengan SIPD, tinggal menunggu jadwal dari tim SIPD Kemendagri,” tandasnya.

Last Update : 2024-05-05 04:31:14

BPD Bali Highlight

Bank BPD Terima Penghargaan KPK RI - Unggul Soal Inovasi Tingkatkan Pendapatan Daerah 

Selengkapnya  

Peduli Lingkungan, Bank BPD Bali Gelar Aksi Bersih Bersih Pantai

Selengkapnya  

Menjelang HUT Ke-62, Bank BPD Bali Laksanakan Persembahyangan Bersama

Selengkapnya  


Copyright © 2021 PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. All Rights Reserved.