Bunga Deposito
Suku Bunga Rupiah USD
1 Bulan 4.75% 0.35%
3 Bulan 5.25% 0.35%
6 Bulan 5.50% 0.50%
12 Bulan 5.75% 0.65%
24 Bulan 5.75% 0.65%

Customer Awareness

5 KIAT MENGHINDARI PEMBOBOLAN REKENING
 
Maraknya kejadian pembobolan rekening melalui eksploitasi kelemahan sistem layanan ATM dan juga SMS serta Internet banking menunjukkan semakin canggihnya para penjahat cyber. Pihak perbankan harus memiliki sistem pengamanan yang kuat dan terus ditingkatkan kemampuannya dari waktu ke waktu untuk antisipasi berbagai jenis upaya kejahatan yang terus berubah dan berkembang.
Meskipun demikian, agar terhindar dari tindak kriminal, diperlukan juga peran aktif nasabah. Karena di dalam dunia keamanan dikenal istilah “your security is my security”. Semua pihak harus melakukan peningkatan pengetahuan dan pemahaman bahwa di dalam pemanfaatan berbagai macam layanan yang berbasis teknologi, selain memudahkan juga terdapat resiko yang harus diwaspadai.
Berikut ini adalah 5 kiat untuk menghindari aksi pembobolan rekening ini:
 
1. Kenali
 
2. Pahami
Khusus untuk layanan yang menggunakan kartu sebagai media, ATM, debit, voucher elektronik, kartu kredit, dlsb. perlu diketahui jenis kartu yang dipakai. Pada prinsipnya saat ini ada 2 jenis kartu yaitu:
 
3. Amankan
Musuh utama masalah keamanan adalah perilaku (behaviour) manusia itu sendiri, kebiasaan buruk yang diabaikan (permisif). Sebagian besar insiden terjadi akibat eksploitasi kelemahan secara sosial, sehingga tekniknya disebut dengan social engineering (rekayasa sosial). Modus penipuan mengaku undian berhadiah atau petugas bank yang sedang melakukan perawatan atau orang yang mengaku petugas bank dan memberikan bantuan adalah contoh rekayasa sosial tersebut.
 
4. Waspada
 
5. Pilih Tempat Yang Aman
Ketika anda akan bertransaksi di mesin ATM, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari mesin ATM yang sekiranya aman. Pilihlah mesin ATM yang berada di tempat terbuka dan selalu ramai dikunjungi dan selalu diawasi keamanannya, misalnya di pusat perbelanjaan. Hindari mesin ATM yang berada di lokasi yang terpencil, gelap, sepi dan tanpa penjagaan atau pengawasan. Kalau anda sedang terburu-buru, tidak sempat memeriksa kondisi mesin ATM maka langkah paling aman adalah menggunakan outlet yang ada di bank itu sendiri. Setiap kantor cabang, biasanya kini telah menyediakan mesin ATM yang relatif terjaga kondisinya karena ada petugas keamanan 24 jam (walaupun perlu dipahami bahwa tugas petugas keamanan sebenarnya bukan mengamankan mesin ATM, melainkan menjaga kantor cabang – mesin ATM termasuk properti kantor tsb).

KONTAK INFORMASI

Jalan Raya Puputan Niti Mandala Denpasar 80235 Bali

+62 361 223301 - 5

Call Center : 1500-844

+62 361 237691

info@bpdbali.co.id

www.bpdbali.co.id

FOLLOW US ON

Ikuti sosial media kami untuk Mendapatkan berita terbaru

Copyright © 2016 PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. All Right Reserved. Design & Maintenance by Bali Web Design RumahMedia