|
Pencarian
Jaringan
Simulasi
 
MENU UTAMA
Jajak Pendapat
Bagian website manakah yang perlu disempurnakan?
Komposisi Menu
Isi Website
Tampilan
Tidak tahu

Situs Terkait
Lihat Lainnya...  
 
 
 
 

 


 
    BERITA
CSR BPD Bali Cerminan Konsep Tri Hita Karana
25 Januari 2012

(Manggala, 25 Januari 2012) Agama Hindu punya konsep yang luar biasa dan sangat adiluhung dalam menjaga keseimbangan dan keharmonisan alam jagat raya ini. Tri Hita Karana (THK) berasal dari Bahasa Sansekerta. Tri yang berarti tiga, Hita berarti sejahtera dan Karana berarti penyebab. Jadi Tri Hita Karana adalah tiga hal pokok yang menyebabkan kesejahteraan dan kemakmuran hidup manusia. Menjaga kelestarian dan keharmonisan tiga unsur penting dalam kehidupan ini. Parahyangan, Pawongan dan Palemahan. Perpaduan tiga unsur itu secara harmonis sebagai landasan untuk terciptanya rasa hidup yang nyaman, tenteram dan damai secara lahir maupun batin.

Tri Hita Karana adalah sebuah kosep yang demikian adiluhung, mengajarkan kepada setiap manusia untuk menjaga hubungan yang harmonis dengan Sang Pencipta Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Parahyangan), dengan sesama manusia (Pawongan) serta menjaga hubungan yang harmonis dengan alam (Palemahan).

Lalu bagaimana kaitannya dengan program CSR (Corporate Social Responsibility) yang digagas Bank BPD Bali?

Menurut Kepala Bank BPD Bali Cabang Utama Denpasar, I Wayan Sujana S.E., apa yang terkandung dalam program CSR Bank BPD Bali, merupakan cerminan dari konsep Tri Hita Karana itu sendiri ini.

Sujana yang ditemui di kantor BPD Cabang Utama Denpasar Jl. Gajah Mada lebih jauh memaparkan, sebagai bank satu-satunya milik Pemprov. dan krama Bali ini,  BPD mempunyai kepentingan yang amat besar terhadap terciptanya keserasian dan keharmonisan ketiga unsur tadi. Makanya sebagian keuntungan yang diperoleh dari usaha perbankan ini, dikembalikan lagi kepada masyarakat melalui program CSR.

Jika hubungan dengan Tuhan, sesama manusia dan alam bisa terjaga dengan baik, menurut Sujana akan berimplikasi pada terciptanya keharmonisan, kedamaian dan ketentraman hidup. Karena alasan itu pula, program CSR BPD Bali Cabang Utama Denpasar selama ini tetap mengacu pada konsep Tri Hita Karana yakni menyasar ketiga unsur tadi.

Bidang Parahyangan, Bank BPD Bali telahbanyak menggelontorkan bantuan dana untuk perbaikan tempat-tempat ibadah. Di bidang Pawongan (kemanusiaan) dikemas dalam bentuk bantuan kesehatan, pendidikan, olah raga, seni budaya. Seperti memberi bantuan fasilitas bermain di ruang pasien anak-anak di RSUD Wangaya, perbaikan gedung sekolah SDN 17 Dauh Puri Kauh, bantuan mendukung kreativitas gerak seni budaya bagi anak-anak SMA di Denpasar serta bantuan lainnya.

Sementara program lingkungan (Palemahan) dikemas dalam bentuk, sumbangan penghijauan, penataan taman kota, serta kegiatan lainnya seperti keterlibatan BPD Cabang Utama Denpasar dalam penataan pertamanan di sepanjang kawasan Jl. Hangtuah, memberikan bantuan bak sampah bagi SD-SD yang ada di Denpasar.

Total bantuan CSR Bank BPD Cabang Utama Denpasar yang telah disalurkan selama tahun 2011, menurut Sujana hampir mencapai Rp 500 juta.

Kepedulian perusahaan besar

‘’Kita sadari semua, bahwa perekonomian Bali selain mengandalkan sektor pertanian dalam arti luas, juga sangat bergantung dengan industri pariwisata,’’ tambah Sujana.

Yang membuat Bali menarik di mata wisatawan hingga menjadi salah satu destinasi wisata dunia, adalah keunikan seni adat dan budaya. Begitu beratnya beban yang dipikul desa pekraman di Bali untuk me-ngajeg-kan Bali. Tiap desa pekraman, paling tidak, ada tiga Pura Kahyangan Tiga. Dan tiap enam bulan sekali melakukan upacara piodalan. Dan semua itu menurut Sujana memerlukan dana cukup besar, ini merupakan bentuk pengorbanan  yang demikian tulus dari krama adat dalam menjaga hubungan yang harmonis dengan Sang Pencipta.

 ‘’Nah kalau kita semua sadar bahwa yang membuat Bali ini terkenal adalah keunikan tradisi adat dan seni budayanya, semestinya semua orang termasuk perusahaan-perusahaan besar seperti hotel yang telah banyak kecipratan dolar, hingar bingarnya  pariwisata Bali, harus berani menyisihkan sebagian keuntungannya untuk bersama-sama menjaga keajegan Bali demi pariwisata Bali,’’ ujar Sujana lagi.

Perlu manusia kreatif

Di samping itu dana CSR juga sangat diperlukan untuk pembinaan dan menumbuhkan kader-kader generasi muda yang kreatif sehingga dengan adanya manusia kreatif dan inovatif, akan merangsang munculnya berbagai karya seni, serta seni budaya yang lebih variatif guna menambah khasanah kearifan lokal itu sendiri. Sebab tanpa adanya sokongan modal dan pembinaan, maka sulit untuk menciptakan manusia-manusia kretif meski mereka punya inovasi tinggi, tanpa didukung adanya akses modal dan pasar maka ide kreatif mereka akan terbelenggu.

‘’Makanya, kepedulian para pengusaha terutama perusahaan-perusahaan besar di Bali, tak ada salahnya menyisihkan sebagian kecil keuntungannya dalam bentuk CSR untuk ikut membangun pariwisata Bali ke arah yang lebih baik, sehingga Bali tetap menarik bagi turis mancanegara,’’ harap Sujana. (abi).

Kepala Bank BPD Cabang Utama Denpasar

Wayan Sujana, S.E.

   
Arsip Berita :

05-02-2014 BPK RI, Bank BPD Bali, dan Pemda se-Bali Sepakati Akses Data Online
05-02-2014 BPK Sepakati Cara Mengakses Data Transaksi Rekening dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali dan PT Bank Pembangunan Daerah Bali
22-01-2014 Tax Gathering KPP Madya Denpasar 2014
20-01-2014 Serikat Pekerja Bank BPD Bali Gelar Mubeslub
20-01-2014 I Made Subaga Wirya - Bermain Bulutangkis
20-01-2014 I Made Sudja - Senang Membaca
15-01-2014 Penyerahan Hadiah Undian Gong Bali Dwipa Bank BPD Bali
15-01-2014 Bank BPD Bali Serahkan Hadiah Undian Gong Bali Dwipa
09-01-2014 Upaya Pemprov Bali Beri Pelayanan Maksimal Buka 2 Unit Samsat Online di Nusa Dua
08-01-2014 Manfaatkan Jasa Layanan Perbankan
 
Arsip Berita :


Bank BPD Bali
Beranda
Hubungi Kami
Hubungan Investor
Berita
CSR
Karir
Peta Situs
Tentang Kami
Sekilas
Visi Misi
Profil Perusahaan
Struktur Organisasi
Tim Manajemen
Statistik Pengunjung
1578965

Pengunjung hari ini : 153
Total pengunjung : 187252
Hits hari ini : 1289
Total Hits : 1578965
Pengunjung Online: 2
Information
Alamat Kantor Pusat :
Jalan Raya Puputan Niti Mandala Denpasar 80235 Bali Indonesia

Telepon . +62 361 223301 – 5.
Faksimile +62 361 237691
email : info@bpdbali.co.id
website : www.bpdbali.co.id

© 2010 - 2014 PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. All Right Reserved.