|
Pencarian
Jaringan
Simulasi
 
HUBUNGAN INVESTOR
Jajak Pendapat
Bagian website manakah yang perlu disempurnakan?
Komposisi Menu
Isi Website
Tampilan
Tidak tahu

Situs Terkait
Lihat Lainnya...  
 
 
 
 

 


 

    PENYELESAIAN SENGKETA

PENGUMUMAN TENTANG ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA
MELALUI MEDIASI PERBANKAN


1. Dasar Hukum

  • Peraturan Bank Indonesia Nomor : 8/5/PBI/2006 tanggal 30 Januari 2006 tentang Mediasi Perbankan.
     
  • Surat Edaran Bank Indonesia Nomor : 8/14/DPNP tanggal 1 Juni 2006 perihal Mediasi Perbankan.

2. Pelaksanaan alternatif Penyelesaian sengketa melalui Mediasi Perbankan :

* Sengketa antara nasabah dengan Bank yang disebabkan tidak dipenuhinya tuntut finansial

   nasabah oleh Bank dalam penyelesaian pengaduan nasabah dapat diupayakan penyelesaiannya

   melalui Mediasi Perbankan.

* Mediasi di bidang Perbankan dilakukan oleh lembaga mediasi perankan independen yang

  dibentuk Asosiasi Perbankan.

* Sepanjang lembaga Mediasi Perbankan independen belum dibentuk, fungsi mediasi perbankan

  dilaksanakan oleh Bank Indonesia.

3. Persyaratan penyelesaian sengketa melalui Mediasi Perbankan :

a. Diajukan secara tertulis disertai dokumen pendukung memadai, dengan menyertakan dokumen

    berupa :

* Foto Copy surat hasilpenyelesaian pengaduan nasabah yang diberikan Bank kepada

  nasabah.

* Fotokopi bukti identitas nasabah yang masih berlaku.

* Surat pernyataan yang ditanda tangani diatas meterai yang cukup bahwa sengketa yang

  diajukan tidak sedang dalam proses atau telah mendapat keputusan dari lembaga 

  arbitrase,peradilan atau lembaga mediasi lainnya dan belum pernah diproses dalam

  mediasi perbankan yang difasilitasi oleh Bank Indonesia.

* Fotocopy surat kuasa,dalam hal pengajuan penyelesaian sengketa di kuasakan.

b. Pernah diajukan upaya penyelesaiannya oleh nasabah kepada Bank.

c. Sengketa yang diajukan tidak dalam proses atau belum pernah diputus oleh lembaga arbitrase

    atau peradilan atau belum terdapat kesepakatan yang difasilitasi oleh lembaga mediasi lainnya.

d. Sengketa yang diajukan merupakan sengketa keperdataan.

e. Sengketa yang diajukan belum pernah dalam mediasi perbankan yang difasilitasi oleh Bank

    Indonesia.

f. Pengajuan penyelesaian sengketa tidak melebihi 60 ( enam puluh ) hari kerja sejak tanggal surat

   hasil penyelesaian pengaduan yang disampaikan Bank kepada Nasabah.

g. Mediasi Perbankan dilaksanakan untuk setiap sengketa yang memiliki nilai tuntuan finansial

    paling banyak Rp.500.000.000,00 ( lima ratus juta rupiah.).

h. Nasabah tidak dapat mengajukan tuntutan Finansial yang diakibatkan oleh kerugian Immateral.

i. Pengajuan penyelesaian sengketa oleh nasabah ditujukan kepada Direktorat Investigasi dan

  Mediasi Perbankan ,Bank Indonesia,Menara Radius Prawiro lantai 19 Jalan M.H.Thamrin No.2

  Jakarta 10110 dengan tembusan disampaikan Kepada PT Bank Pembangunan Daerah Bali.

j. Pelaksana fungsi Mediasi Perbankan dapat menolak pengajuan penyelesaian sengketa yang

   tidak memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam huruf a sampai huruf i diatas.



Denpasar, 30 Agustus 2006
PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH BALI
TTD


D I R E K S I


Bank BPD Bali
Beranda
Hubungi Kami
Hubungan Investor
Berita
CSR
Karir
Peta Situs
Tentang Kami
Sekilas
Visi Misi
Profil Perusahaan
Struktur Organisasi
Tim Manajemen
Statistik Pengunjung
1835827

Pengunjung hari ini : 81
Total pengunjung : 206951
Hits hari ini : 420
Total Hits : 1835827
Pengunjung Online: 5
Information
Alamat Kantor Pusat :
Jalan Raya Puputan Niti Mandala Denpasar 80235 Bali Indonesia

Telepon . +62 361 223301 – 5.
Faksimile +62 361 237691
email : info@bpdbali.co.id
website : www.bpdbali.co.id

© 2010 - 2014 PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. All Right Reserved.