|
Pencarian
Jaringan
Simulasi
 
HUBUNGAN INVESTOR
Jajak Pendapat
Bagian website manakah yang perlu disempurnakan?
Komposisi Menu
Isi Website
Tampilan
Tidak tahu

Situs Terkait
Lihat Lainnya...  
 
 
 
 

 


 

    GCG

PT. Bank BPD Bali meyakini bahwa penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance) merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian kinerja perusahaan yang lebih baik. PT. Bank BPD Bali berkomitmen untuk menjalankan seluruh aktivitas perusahaan berdasarkan prinsip kehati-hatian dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku, serta melaksanakan operasional perbankan yang sehat.
Hal ini tercermin dari kegiatan usaha yang dilakukan oleh PT. Bank BPD Bali  secara bertahap dan berkelanjutan terus melakukan upaya penyempurnaan kebijakan maupun penerapan tata kelola perusahaan serta berupaya untuk memastikan bahwa Good Corporate Governance yang berlandaskan lima prinsip utama yaitu transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, indenpendensi dan kewajaran telah dilaksanakan dengan baik dan senantiasa menjadi pedoman bagi setiap karyawan serta mengalami penyempurnaan dalam pelaksanaannya.

Implementasi Good Corporate Governance yang telah dilakukan PT. Bank BPD Bali sampai dengan tahun 2009 antara lain :

· Telah membentuk Komite Audit, Komite Pemantau Risiko, dan Komite Remunerasi dan Nominasi yang bertanggung jawab langsung ke Dewan Komisaris.

· Melakukan evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan manajemen risiko guna penyempurnaan metode pengukuran risiko serta sistem pengelolaan risiko guna mitigasi risiko.

· Melakukan evaluasi dan penyempurnaan berbagai ketentuan internal guna mendukung pelaksanaan tata kelola operasional PT. Bank BPD Bali yang lebih baik dan sehat.

Pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance) di PT Bank BPD Bali senantiasa berlandaskan pada lima prinsip dasar yang tertuang dalam PBI 8/4/PBI/2006 sebagaimana telah diubah dengan PBI 8/14/ PBI/2006 dan Surat Edaran Bank Indonesia No. 9/12/DPNP tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance bagi Bank Umum, kelima prinsip dasar tersebut adalah sebagai berikut:

1.  Keterbukaan (transparency) dan relevan dalam proses pengambilan keputusan.

2. Akuntabilitas (accountability) yaitu kejelasan fungsi dan pelaksanaan pertanggungjawaban organ Bank sehingga pengelolaannya berjalan secara efektif.

3. Pertanggungjawaban (responsibility) yaitu kesesuaian pengelolaan Bank dengan Peraturan Perundang-unndangan yang berlaku dan Prinsip-prinsip Pengelolaan Bank yang sehat.

4.  Independensi (independency) yaitu pengelolaan Bank secara profesional tanpa pengaruh / atau tekanan dan benturan kepentingan.

5.  Kewajaran (fairness) yaitu keadilan dan kesetaraan dalam memenuhi hak-hak stakeholder yang timbul berdasarkan perjanjian dan peraturan dan perundangundangan yang berlaku.

Dalam rangka menerapkan kelima prinsip dasar tersebut diatas, secara umum Bank harus berpedoman pada berbagai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku yang terkait dengan pelaksanaan Good Corporate Governance, dimana setiap Bank wajib melaksanakan prinsip-prinsip Good Corporate Governance dalam setiap kegiatan usahanya pada  seluruh tingkatan atau jenjang organisasi. Dalam hal ini yang dimaksud dengan seluruh tingkatan atau jenjang organisasi adalah seluruh pengurus, dan karyawan Bank mulai dari Dewan Komisaris dan Direksi sampai dengan pegawai tingkat pelaksana. Bank diwajibkan untuk menyampaikan laporan pelaksanaan Good Corporate Governance. Keberadaan laporan dimaksud, diperlukan untuk mengeduksi serta meningkatkan check and balance stakeholders Bank dan persaingan melalui mekanisme pasar. Dalam upaya perbaikan dan peningkatan kualitas pelaksanaan Good Corporate Governance Bank diwajibkan secara berkala melakukan self assessment secara komprehensif terhadap kecukupan pelaksanaan Good Corporate Governance sehingga apabila masih terdapat kekurangan dalam pengimplementasiannya, bank dapat segera menetapkan rencana tindakan (acction plan) yang meliputi tindakan korektif yang diperlukan.


Bank BPD Bali
Beranda
Hubungi Kami
Hubungan Investor
Berita
CSR
Karir
Peta Situs
Tentang Kami
Sekilas
Visi Misi
Profil Perusahaan
Struktur Organisasi
Tim Manajemen
Statistik Pengunjung
1684527

Pengunjung hari ini : 250
Total pengunjung : 193638
Hits hari ini : 6363
Total Hits : 1684527
Pengunjung Online: 5
Information
Alamat Kantor Pusat :
Jalan Raya Puputan Niti Mandala Denpasar 80235 Bali Indonesia

Telepon . +62 361 223301 – 5.
Faksimile +62 361 237691
email : info@bpdbali.co.id
website : www.bpdbali.co.id

© 2010 - 2014 PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. All Right Reserved.